Shortcut BaruAnda pengguna komputer tentu ingin sekali dengan cepat mengakses beberapa program favorit Anda. Untuk itu, Anda meletakkan icon program tersebut di desktop. Namun, ada beberapa pengguna yang kurang suka desktop penuh dengan icon dan bahkan menghilangkan semua icon yang pada desktop. Namun, masih ingin agar bisa mengakses program dengan cepat melalui desktop. Untuk itu, masih ada cara lain yang bisa digunakan agar Anda bisa lebih cepat mengakses program namun tidak memenuhi desktop dengan banyak icon shortcut program. Caranya yaitu dengan menambahkan shortcut program di konteks menu desktop. Jadi ketika Anda mengklik kanan di area kosong desktop, Anda akan menemukan shortcut program favorit Anda.

Sebagai contoh, saya akan menambahkan shortcut Firefox pada konteks menu dekstop saya. Dengan cara ini saya bisa mengakses Firefox dengan melakukan klik kanan pada area kosong di desktop saya. Berikut langkah-langkah menambahkan shortcut program di konteks menu Desktop:

  1. Buka Registry Editor dengan mengklik Start » Run. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  2. Pada jendela Registry Editor, buka path HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell
  3. Klik kanan pada key Shell dan pilih New » Key
  4. Buat Key Baru 1

    Klik gambar untuk memperbesar

  5. Berikan nama pada key tersebut sesuai dengan nama program yang ingin ditambahkan. Misalnya Firefox atau yang lainnya.
  6. Beri Nama Key 1

    Klik gambar untuk memperbesar

  7. Selanjutnya, klik kanan pada key Firefox yang baru Anda buat tadi dan pilih New » Key
  8. Buat Key Baru 2

    Klik gambar untuk memperbesar

  9. Beri nama key baru ini dengan nama command
  10. Beri Nama Key 2

    Klik gambar untuk memperbesar

  11. Sekarang, buka Windows Explorer dan cari lokasi program yang inginkan. Misalnya Mozilla Firefox, yaitu pada path C:\Program Files\Mozilla Firefox\. Tekan tombol SHIFT sambil mengklik kanan Firefox.exe dan pilih Copy As Path
  12. Copy As Path

    Klik gambar untuk memperbesar

  13. Kembali lagi ke Registry Editor. Klik key command yang terakhir Anda buat. Pada sisi sebelah kanan, klik kanan value Default dan pilih Modify
  14. Modify Deafult Value

    Klik gambar untuk memperbesar

  15. Pada jendela Edit Value, paste path yang telah Anda copy tadi pada langkah ke-7 tadi. Intinya, pada value Default ini, Anda mesti mengisinya dengan path dari program yang ingin Anda masukkan pada konteks menu desktop.
  16. Edit String

  17. Terakhir klik OK untuk menyimpannya.

Sekarang coba klik kanan pada area kosong di desktop. Anda akan menemukan sebuah item baru pada konteks menu tersebut. Cobalah untuk mengklik menu tersebut untuk memastikan semuanya bekerja. Jika program tersebut terbuka, maka semuanya telah benar.

Anda bisa menambahkan shortcut program lainnya pada konteks menu tersebut dengan langkah-langkah yang sama dengan di atas. Setiap program memiliki 2 (dua) key yaitu key dengan nama program itu sendiri dan sebuah subkey dengan nama command. Pada subkey command, isi Defualt value dengan path program yang bersangkutan. Sehingga Anda bisa memiliki lebih dari satu shortcut ke beberapa program favorit Anda.

Shortcut Baru 2
Sekian tips menambahkan Shortcut Program di Konteks Menu Desktop yang lebih menghemat ruang desktop Anda. Selamat mencoba!

0 Komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Dilahkan tinggalkan komentar demi kebaikan bersama.

 
© 2010 maz guru is proudly powered by Blogger

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!